Seri Stimulus Matematika SMA ~ Ukuran Sudut

Ukuran sudut adalah materi awal sebagai introduction dalam materi Trigonometri. Materi Trigonometri pada Kurikulum 2013 diajarkan pada tingkat SMA untuk materi semester genap di kelas X. Ukuran sudut yang umum dikenal pada pembelajaran trigonometri adalah ukuran derajat dan ukuran radian. 

Dalam kehidupan sehari - hari, kita sebenarnya sudah banyak menemukan bentuk - bentuk yang terlihat menggunakan sudut. Sebagai contoh beberapa bentuk berikut ini:

1. Jam


Sumber: https://www.pngdownload.id/

Kita mengetahui bahwa pada gambar jam di atas, jarak setiap angka adalah sama. Misal jarak dari Angka 1 dan angka 2, sama dengan jarak angka 2 ke angka 3, dan seterusnya sama dengan jarak angka 11 ke angka 12. Sehingga secara otomatis, kita sudah mengetahui bahwa sudut yang dibentuk oleh dua angka berurutan ke pusat lingkaran pada jam adalah sama.

Dengan pemahaman awal, kita mengetahui bahwa sudut pada lingkaran adalah 360 derajat, maka kita bisa menghitung sudut yang dibentuk oleh dua titik pada lingkaran dengan titik pusat. Misalkan kita bisa menghitung sudut antara angka 1, titik pusat, dan angka 2 pada lingkaran.

2. Bianglala

Sumber: https://www.pngdownload.id/

Sama dengan kasus jam di atas, pada bianglala jelas terlihat bahwa lingkaran terbagi oleh 8 titik yang sama. Sehingga terlihat memiliki 8 sudut yang sama.

Dengan pemahaman awal, kita mengetahui bahwa sudut pada lingkaran adalah 360 derajat, maka kita bisa menghitung sudut yang dibentuk oleh dua titik pada lingkaran dengan titik pusat.



0 Response to "Seri Stimulus Matematika SMA ~ Ukuran Sudut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel