Seri Stimulus SMA ~ Persamaan Sinus

 


Trigonometri berasal dari bahasa Yunani trigonon dan metron. Trigonon artinya “tiga sudut” dan metron artinya “mengukur”. Trigonometri adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan yang meliputi panjang dan sudut segitiga. Bidang ini muncul di masa Helenistik pada abad ke-3 SM dari penggunaan geometri untuk mempelajari astronomi.


Salah satu submateri yang ada pada trigonometri adalah persamaan trigonometri. Persamaan trigonometri adalah persamaan yang memuat fungsi trigonometri dari sudut yang belum diketahui nilainya. Pada prinsipnya, persamaan trigonometri sama dengan persamaan linear atau kuadrat. Hal yang membedakan adalah himpunan penyelesaian pada persamaan trigonometri berupa besaran sudut.


Untuk menyelesaikan permasalahan trigonometri, mungkin kamu akan menemukan nilai sudut yang lebih dari satu. Hal itu karena grafik fungsi trigonometri memuat nilai yang sama di beberapa sudut. Contohnya persamaan  

Jika persemaan tersebut digambarkan dalam bentuk grafik, akan menjadi seperti berikut.


 

Grafik di atas menunjukkan bahwa nilai x untuk sin x = 1 ada dua, yaitu - 270 derajat dan 90 derajat. Nilai utama yang harus dilihat adalah nilai sin x di interval -90 < x < 90 (derajat). Lantas, bagaimana dengan nilai lainnya.

0 Response to "Seri Stimulus SMA ~ Persamaan Sinus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel